Ingin Menjadi Muslim Produktif Part 1 (Bulan bulan tidak produktif)




Lama sudah aku tidak posting blog ini, alasanya sangat klasik aku sibuk ini itu, padahal aku tau aku itu tidak sibuk, tapi ya banyak kegiatan yang tidak produktif. Lho ko bisa banyak kegiatan tapi tidak produktif..? Ya memang aku merasa gak punya waktu banyak, aku harus ini lah, aku harus itu lah, aku harus kesana aku harus kesini, mungkin aku sibuk tapi aku gak produktif.

Aku ngerasa waktu aku tuh kurang banget, padahal ibadahku masih bolong-bolong, banyak project yang terbengkalai, ide ide yang seharusnya aku kerjain malah ilang mabur entah kemana, blog jadi gak update, youtube apa lagi. Terus kesibukanku itu ngapain yak, ngerasa waktu kurang tapi banyak hal yang tidak dapat aku capai, parahnya ibadah malah bolong bolong.

Hal ini sempat aku renungkan, kenapa ini, ada apa ini, padahal banyak orang-orang yang sangat produktif, apalagi orang-orang muslim dahulu itu menciptakan kitab-kitabnya itu berbab-bab berjilid-jilid dalam waktu singkat. Orang yang berkarya seperti penulis, film maker, pembuat film pendek, itu bias membuat berkarya sembari menulis rutin quote quote di social medianya. Ada pula orang yang kesana kesini mengisi seminar, menjadi pembicara. Stand up comedian seperti pandji pragiwaksono yang terus terusan membuat tour standupnya, main film, mengisi acara di kampus2 dll. Dan masih banyak lagi contoh-contoh orang-orang produktif.

Apa saya bisa menjadi produktif, menjadi seorang muslim yang produktif, yang gak Cuma sibuk atau sok sibuk tapi mampu menciptakan sesuatu atau berbuat sesuatu yang bermanfaat. Merenung terus juga gak bisa mengubah sibukku menjadi produktif, yang harus aku lakukan adalah beraksi atau berbuat sesuatu, salah satunya adalah menulis blog ini, mengupdate blog ini, paling enggak otak aku bisa bekerja kembali hehehe.

Posting Komentar